Perencanaan Finansial Untuk Pendidikan

Pendidikan menjadi hal yang sangat penting saat ini. Pasalnya dengan memiliki jenjang pendidikan yang baik dan semakin tinggi dapat menjadikan kualitas diri yang semakin baik pula. Untuk itu sebagai orang tua harus se-dini mungkin untuk membuat perencanaan finansial untuk pendidikan dan atau untuk kamu yang ingin meneruskan pendidikan. Perencanaan finansial untuk pendidikan berpengaruh dengan pengeluaran di kemudian hari untuk anakmu sekolah atau untuk kamu sendiri melanjutkan study, sehingga kamu tidak keteteran dan panik dengan biayanya. Jika kamu sudah memiliki persiapan yang matang, kamu bisa simak tips cara bagaimana membuat perencanaan finansial untuk pendidikan berikut ini:

  1. Action Plan

Mulai menyisihkan setiap pendapatanmu mulai sekarang. Kamu bisa menyisihkan setiap bulannya 5% sampai 10% dari pendapatanmu untuk tabungan pendidikan. Jadi, saat nanti waktunya sekolah atau melanjutkan studi kamu, kamu tidak akan panik karena sudah ada dana yang tersimpan dan kamu sisihkan.

  1. Cek Berkala Dana Pendidikan

Hampir setiap tahun ajaran baru, biaya pendidikan juga berubah. Dan banyak yang biayanya semakin mahal. Untuk berjaga-jaga ada baiknya kamu mengecek dana pendidikan di suatu institusi dengan teliti agar saat sudah saatnya ingin digunakan kamu tidak lagi bingung dengan biaya yang berubah.

  1. Hitung Kekurangannya

Ketika memasuki waktu tahun ajaran baru, kamu harus menghitung berapa jumlah kekurangan dari dana investasi kamu selama ini. Jangan terlalu santai sampai lalai menghitung kekurangannya ya. Mengingat pentingnya peran pendidikan yang perlu kamu gapai.

  1. Teliti Dalam Investasi

Banyak tawaran untuk investasi dana perencanaan finansial untuk pendidikan. Tapi, jangan sampai finansial kamu jadi terganggu dengan segala investasi yang sembarangan, rencanakan dan hitung matang – matang dana pendidikan yang dibutuhkan. Karena investasi akan mempengaruhi kehidupan kamu di akan datang.

  1. Menghitung Biaya Pendidikan

Berikut gambaran cara menghitung biaya pendidikan agar kamu memiliki gambaran jelas, simak yuk penjelasan berikut;

Misalnya, biaya masuk SD tahun ini adalah Rp. 5.000.000, dengan asumsi kenaikan sebesar 10% , maka 3 tahun ke depan biaya masuk SD diperkirakan sebesar 5.000.000 x 1,1, x 1,1 x 1,1 = Rp6.655.000. Jika, 2 tahun lagi akan masuk sekolah, berarti orang tua akan menabung sebanyak, Rp6.655.000 : 36 = Rp184.861,-

  1. Mencatat Pengeluaran Setiap Bulan

Mencatat pengeluaran setiap bulan sangat lah penting, dari hal itu kamu jadi bisa tahu uang kamu dihabiskan untuk apa saja, dan kamu dapat mengetahui untuk membeli keperluan dalam satu bulan berapa, untuk membeli wishlist kamu, dan sisa berapa yang dapat ditabung. Kelihatannya sepele untuk mencatat pengeluaran setiap bulan, tapi hal tersebut sangat penting.  

Buat kamu yang sudah berkeluarga, untuk pendidikan anak bisa lho menabung bersama pasanganmu agar tidak terasa berat. Sedikit demi sedikit nantinya akan tidak terasa. Nah, jadi kamu sudah menyiapkan dana pendidikan sampai mana? Semakin yakin kan perencanaan finansial untuk pendidikan untuk kesiapan pendidikan ke depannya? Selamat merencanakan finansial untuk pendidikanmu ya!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *