Jika Anda memikirkan untuk berbelanja PVC Anda mungkin pernah mendengar istilah “SCH”. Untuk Anda yang awam, tentu saja hal ini membingungkan. SCH dalam pipa PVC berkaitan dengan ketebalan dindingnya. Mungkin Anda pernah melihat bahwa orang yang jual pipa SCH 80 mematok harga sedikit lebih mahal daripada yang jual pipa SCH 40.

Meskipun diameter luar pipa SCH 80 dan pipa SCH 40sama, 80 dalam pipa memiliki dinding lebih tebal. Karena ketebalan dinding yang berbeda dan  bermanfaat dalam situasi yang berbeda, ASTM (American Society for Testing and Materials) muncul dengan sistem pipa SCH 40 dan papa SCH 80 untuk mengklasifikasikan dua tipe umum.

Tekanan Air untuk SCH 40 vs SCH 80

Baik pipa SCH 40 dan 80 PVC secara luas di seluruh dunia karena tersedia dengan jumlah yang banyak. Masing-masing memiliki manfaat dalam peng-aplikasi annya yang berbeda. Pipa SCH 40 memiliki dinding yang lebih tipis, sehingga yang terbaik untuk tekanan air yang relatif rendah.

Jadwal 80 pipa memiliki dinding lebih tebal dan mampu menahan PSI lebih tinggi (pound per inci persegi). Ini membuatnya ideal untuk aplikasi industri dan kimia. Untuk memberi Anda gambaran tentang perbedaan ukuran, 1 “jadwal 40 pipa PVC memiliki dinding minimum .133” dan 450 PSI, sedangkan jadwal 80 memiliki dinding minimum .179 “dan 630 PSI.

Ukuran & diameter

Seperti disebutkan sebelumnya, baik pipa SCH 40 dan 80 memiliki diameter luar yang sama persis. Hal ini berarti pipa SCH 80 akan memiliki aliran yang sedikit lebih terbatas – meskipun mungkin diameter pipa yang sama dengan pipa SCH 40 setara. Pipa SCH 40 dan pipa SCH 80 merupakan pipa yang cocok untuk bersama dan dapat digunakan bersama jika perlu.

Satu-satunya hal yang harus diperhatikan adalah penanganan pipa SCH 40. Ketika pemasangan, sebaiknya Anda menyerahkannya kepada pihak profesional yang jual pipa sch 40 sehingga mendapat hasil yang baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Setelah ini, apakah pipa SCH 40 atau pipa SCH 80 yang menjadi pilihan Anda? 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *