Ketika anda ingin melakukan investasi, pasti anda akan bertanya investasi apa yang sekiranya menguntungkan. Perlu anda pahami bahwa setiap jenis investasi memiliki keuntungan. Namun, ada hal lain yang perlu anda pertimbangkan, yaitu tujuan anda melakukan investasi. Apakah anda akan melakukan investasi jangka panjang atau investasi jangka pendek. Nah, jika anda lebih memilih melakukan investasi jangka pendek maka anda perlu menyimak 4 jenis investasi jangka pendek yang dapat anda lakukan dibawah ini. 

Deposito 

Deposito adalah tabungan yang juga merupakan investasi untuk anda. Pada dasarnya deposito juga merupakan salah satu produk perbankan sama seperti tabungan biasa. Akan tetapi perbedaanya adalah deposito memberikan bunga yang lebih tinggi dibanding dengan tabungan biasa dan jangka waktunya pun bisa anda pilih sendiri. Jangka waktu yang bisa anda pilih adalah 1,3,6,12 dan 24 bulan. Anda perlu mengingat bahwa bunga deposito akan berubah-ubah sesuai dengan suku bunga acuan Bank Indonesia. Sekarang ini suku bunga acuan Bank Indonesia sebesar 2,5%, namun ada juga bank yang memberikan bunga lebih dari bunga acuan BI

Reksa Dana 

Investasi jangka pendek yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah Reksa Dana. Jenis investasi jangka pendek ini paling sering diminati oleh para investor pemula. Ketika melakukan investasi di reksa dana maka anda akan dibantu oleh manajer investasi yang bertugas mengelola uang para investor. Oleh karena itu anda tidak udah khawatir memikirkan bagaimana caranya mendapatkan keuntungan secara maksimal. Tidak hanya cocok digunakan sebagai investasi jangka pendek, reksa dana juga cocok digunakan sebagai investasi jangka panjang. Jika anda ingin melakukan investasi jangka pendek maka sebaiknya anda memilih reksa dana pasar uang karena memiliki resiko yang sangat rendah dan nanti hasilnya juga akan sebanding terhadap resikonya. 

Saving Bond Ritel (SBR) 

Salah satu bentuk investasi jangka pendek yang bisa anda lakukan adalah saving bond ritel (SBR). SBR adalah media investasi yang berbentuk surat utang dan diterbitkan oleh negara. Disini posisi anda adalah sebagai pihak yang memberikan pinjaman. Pada intinya anda akan memberikan pinjaman kepada pemerintah dengan bentuk saving bond ritel. Investasi yang satu ini memiliki resiko yang relatif kecil karena ditanggung langsung oleh negara. Anda bisa melakukan investasi dengan modal awal 100.000 dan dengan bunga sebanyak 6,3% per tahunnya. Jangka waktu untuk SBR ini adalah 2 tahun. Namun, anda tetap bisa mencairkan uang anda lebih awal dengan menggunakan fasilitas yang disebut dengan Early Redemption. 

Obligasi 

Anda juga bisa menggunakan Obligasi sebagai media investasi jangka pendek anda. Obligasi merupakan surat utang dari pemerintah atau perusahaan yang memberikan bunga (kupon) sebagai imbalannya kepada para investor dalam jangka waktu tertentu. Keuntungan menggunakan obligasi adalah media investasi yang satu ini memiliki tingkat pertumbuhan nilai investasi yang cukup stabil dan hal tersebut sejalan dengan resikonya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *