Bagi pasangan suami istri mendapatkan momongan merupakan suatu anugerah terindah pada sebuah pernikahan. Namun, bagaimana jika pasangan suami istri harus mengalami tertundanya memiliki keturunan akibat gangguan pada sistem reproduksi sehingga menyebabkan ketidakmampuan organ reproduksi atau yang lebih parahnya jika terjadi kemandulan.

Tentunya hal tersebut menjadi momok yang begitu menakutkan bagi setiap pasangan suami istri . Faktor gangguan pada sistem reproduksi yang menyebabkan lambatnya tanda-tanda kehamilan dapat terjadi tidak hanya dari satu atau dua hal saja. Jadi, jika kamu pasangan suami istri dan tidak kunjung mendapatkan keturunan atau mungkin belum tanda-tanda adanya kehamilan kamu harus tahu cara tes hormon pada wanita dengan beberapa jenis tes, utamanya tes untuk mengecek kesuburan wanita. Tes ini secara medis disebut dengan tes infertilitas dengan tujuan untuk mengetahui kenapa pasangan tidak segera memiliki keturunan, sekaligus untuk mencegah gangguan menjadi lebih parah.

  • Tes ovulasi

Tes untuk melihat kesuburan wanita bisa dengan melakukan tes ovulasi. Pada tes ini akan dilakukan pengambilan darah dengan tujuan mengukur tingkat hormon sehingga dapat ditentukan apakah kamu berovulasi serta menghasilkan sel telur secara teratur.

  • Pemeriksaan cadangan sel telur.

Tes cadangan telur pada ovarium bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan hormon pada siklus menstruasi. Tes ini dapat membantu wanita dalam mengetahui kualitas sekaligus mengetahui jumlah sel telur yang tersedia untuk ovulasi atau pembuahan.

  • Tes hormon

Selanjutnya, untuk bisa mengetahui tingkat kesuburan kamu bisa dengan cara tes hormon pada wanita.  Biasanya tes hormon juga berkemungkinan akan dilakukan oleh pihak medis  seperti beberapa tes hormon tiroid, kelenjar pituitari yang juga memiliki pengaruh dalam proses reproduksi.

  • Tes hysteroscopy

Selain dengan cara tes hormon pada wanita, saat kamu datang ke dokter kandungan, pihak dokter pasti akan menyarankan kamu untuk melakukan tes satu ini jika kamu ada permasalahan mengenai kesuburan. Tes Hysteroscopy dilakukan dengan cara memasukkan melalui leher rahim, dengan tujuan untuk memantau dan mengetahui kondisi rahim atau apakah ada kelainan dalam rahim 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *