Chat e-commerce, bukan lagi istilah asing untuk pelaku bisnis online. Proses penjualan yang mengandalkan percakapan ini sudah banyak diterapkan pada e-commerce. Selain menjadi media jualan, chat commerce menjadi pilihan terbaik untuk membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. 

Sebelum memutuskan membeli barang, konsumen cenderung melakukan percakapan terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi detail terkait produk. Mulai dari variasi produk, kemungkinan untuk memesan produk custom, hingga stok produk. Atas dasar inilah, chat e-commerce dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda. 

Manfaat chat commerce terhadap bisnis online semakin efektif dengan adanya otomatisasi. Otomatisasi chat commerce dapat memudahkan Anda untuk membalas pesan dan menjangkau target pasar. Lantas, bagaimana caranya memaksimalkan chat e-commerce?

Lakukan Analisis Customer Journey

Analisis customer journey adalah kegiatan untuk mencari tahu di tahapan mana percakapan sering terjadi. Apakah konsumen lebih sering bertanya sebelum membeli produk, saat menunggu pengiriman, atau ketika ingin melakukan repeat order. Dengan analisis customer journey Anda bisa mengetahui pada tahapan mana chat e-commerce memiliki dampak yang signifikan terhadap konsumen. 

Mendorong Konsumen untuk Melakukan Pembelian dan Menumbuhkan Kepercayaan

Tahap di mana konsumen menanyakan detail produk, disitulah saatnya menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda. Selain itu, Anda pun bisa mendorong konsumen untuk melakukan pembelian dengan menjawab setiap pertanyaan yang sempat membuat mereka ragu. Lebih jauh, melalui percakapan langsung dengan konsumen memungkinkan terjadinya negosiasi harga dan pembelian dengan jumlah yang lebih besar. 

Meminta Review Pelanggan

Dalam bisnis online, review memiliki peranan yang tidak kalah penting dari aspek lainnya. Review pelanggan juga bisa mempengaruhi calon konsumen dalam mengambil keputusan. Nah, Anda dapat meminta review produk Anda kepada konsumen melalui chat e-commerce. Testimoni tersebut bisa Anda masukkan ke dalam situs e-commerce, marketplace, maupun sosial media.

Merekomendasikan Produk Baru 

Chat e-commerce memiliki fungsi untuk merekomendasikan produk baru. Anda dapat mengirimkan peluncuran produk baru ataupun membagikan promo yang sedang berlaku kepada konsumen Anda. Langkah semacam ini dapat menumbuhkan minat beli pada konsumen sehingga mereka melakukan pembelian lagi di toko Anda. Dengan cara ini pula Anda dapat membangun komunikasi yang lebih personal dengan pelanggan lama maupun baru. 

Pada dasarnya, chat e-commerce dapat digunakan untuk memaksimalkan penjualan dan transaksi bisnis Anda. Selain itu, konsumen pun bisa lebih puas atas pelayanan yang diberikan. Apapun jenis bisnis online yang Anda geluti, chat commerce tetap memiliki peranan penting untuk perkembangan bisnis Anda. Apalagi jika melihat kecenderungan masyarakat kini yang lebih menggemari belanja online dibanding belanja offline. 

Jika situs e-commerce yang Anda pakai memiliki fitur chat commerce, maka maksimalkan perannya agar omset Anda bisa meningkat. Namun, jika tidak tersedia fitur chat commerce, Anda bisa menggunakan aplikasi tersendiri.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *