Guna mengetahui masa subur sebagai upaya untuk merencanakan kehamilan dengan secara lebih akurat maka bisa digunakan suatu alat tes yang namanya Ovutest Strip. Cara memakai Ovutest Strip ini cukup mudah, yakni antara lain sebagai berikut langkah-langkahnya.

Cara Memakai Ovutest Strip

Tampung Urin

Alat ini menggunakan media urin untuk mendeteksi masa suburnya. Jadi langkah pertama ialah tampung urin ke dalam wadah yang bersih serta kering. Urin yang dikumpulkan tersebut sebaiknya adalah urin yang keluar pada antara jam 10.00 pagi hingga jam 20.00 malam. Jadi bukan urin yang pertama-tama keluar di saat pagi hari. Lalu juga sebelumnya sebaiknya mengurangi minum, yakni selama 2 jam sebelum test agar mulai kurangi minumnya sehingga hasil test nya nanti dengan menggunakan Ovutest Strip tersebut bisa lebih akurat. 

Buka Kemasan Ovutest Strip

Pada saat membeli Ovutest Strip perhatikan masa kadaluarsanya. Pastikan Ovutest Strip tersebut belum melewati batas tanggal kadaluarsanya dan kemasannya masih tertutup dengan baik, agar hasil tesnya bisa benar-benar akurat. Lalu jika urin telah terkumpul dan siap maka bisa mulai dengan membuka sachet pembungkusnya dan lalu ambil strip alat ujinya.

Celupkan Strip pada Urin

Selanjutnya maka celupkan ujung strip tersebut ke dalam cairan urinnya dan usahakan supaya tidak melebihi dari garis batas bertuliskan MAX di strip tersebut, lalu diamkan selama sekitar 35 detik.

Cara Mengetahui Hasil Ovutest Strip

Lalu untuk mengetahui hasilnya maka begini caranya.

Letakkan dengan secara melintang Ovutest strip nya pada tempat yang datar serta kering.

Kemudian tunggu hingga hasil tesnya muncul. Jangka waktu lama atau tidaknya hasil tes bisa muncul itu bergantung pada besaran kandungan LH (Luteinizing Hormone) yang terdapat pada urin. 

Lalu perlu diingat juga agar diusahakan untuk segera langsung melihat hasil tesnya tersebut dalam rentang jangka waktu sekitar 5 menit hingga 10 menit sesudah pengambilan sampel urinnya di Ovutest strip. Dengan begitu maka hasilnya akan bisa lebih tepat, baik positif atau tidaknya. 

Kemungkinan hasilnya akan terbaca sebagai berikut.

Jika muncul 1 garis strip pada control line maka hasilnya adalah negatif yakni tidak ovulasi atau sedang di luar masa subur.

Jika muncul garis strip pada test line yang lebih terang dari yang ada di control line maka hasilnya adalah negatif atau tidak ovulasi atau sedang di luar masa subur.

Jika muncul 1 garis pada test line maka ini hasilnya invalid sehingga perlu dilakukan test ulang dengan menggunakan alat ovulasi strip yang baru.

Jika muncul garis pada test line yang sama terangnya atau bisa juga lebih gelap dari yang ada di control line maka ini hasilnya adalah positif yakni sedang dalam masa ovulasi dalam waktu 1 hari hingga 2 hari.

Sebaiknya lakukan pengujian sampel urin secara teratur dan berkala di waktu yang sama dalam jangka waktu selama 5 hari sampai 6 hari berturut-turut guna mendapat hasil yang lebih akurat.

Tingkat akurasi alat Ovutest Strip ini cukup tinggi, yakni mencapai hingga 99,9%. Langkah-langkah diatas adalah bagaimana cara memakai ovutest strip.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *