Banyak orang lebih mengenal genteng yang terbuat tanah liat. Tapi dalam perkembangan beberapa tahun terakhir, penggunaan atap metal jauh lebih berkembang. Karena ringan dan jauh lebih kuat. Tapi bagi yang ingin dapatkan astetik atap tanah liat tradisional dengan kekuatan atap metal, Anda bisa gunakan atap metal pasir.

Apa Itu Atap Metal Pasir?

Sesuai dengan nama yang diberikan, atap ini adalah genteng metal dengan tekstur seperti ada pasirnya. Secara sederhana genteng ini memiliki dua lapisan. Lapisan dasar adalah lapisan metal sama seperti genteng dari metal pada umumnya. Sedangkan lapisan kedua adalah lapisan pasir yang sengaja ditempelkan.

Lapisan ini memberikan tekstur yang lebih kasar tapi terkesan klasik. Banyak orang tidak ingin tampilan mengkilap dan licin untuk atap mereka. Tapi mereka tetap ingin kelebihan yang ditawarkan atap dari metal. Karena hal ini atap metal jenis pasirpun muncul.

Material yang digunakan untuk membuat genteng ini adalah campuran dari baja galvalume AZ100, zincalume, zinc phospat serta campuran bahan coraltex. Bagi Anda yang tidak tahu, coraltex adalah lapisan bagian atas yang membuat tampilan seperti ditempeli pasir.

Campuran bahan di atas bisa diracik berbeda – beda untuk mendapatkan kualitas genteng yang berbeda. Setiap produsen memiliki takaran sendiri untuk campurannya agar menghasilkan produk atap yang unik. Jika hasil campuran berhasil, atap metal pasir pasti memiliki aspek sebagai berikut:

  • Anti karat dan tidak mudah terkorosi.
  • Tidak mudah terbakar dan meleleh.
  • Dapat meredam suara dengan lebih baik.
  • Mudah retak bila terkena tekanan kuat dalam jangka waktu lama.
  • Kurang mampu meredam panas.

Selama memiliki aspek ciri di atas, atap metal tersebut sesuai dengan standar jenis atap metal yang umumnya digunakan.

Alasan Memiliki Permukaan Berpasir

Selain aspek astetik, pilihan permukaan pasir pada atap ini juga memiliki kegunaan tersendiri. Atap yang berpasir adalah mengurangi refleksi panas dan sinar matahari. Pada banyak atap metal, Anda akan melihat kilauan dan refleksi walaupun menggunakan warna gelap.

Refleksi ini tidak hanya memancarkan cahaya ke bangunan – bangunan sekitar tapi juga panas. Bayangkan jika pada gedung yang tinggi, mereka melihat rumah – rumah di bawahnya merefleksikan panas dari bawah. Gedung tersebut pasti terasa lebih gerah dan tidak nyaman. Daripada merugikan pihak lain, pilihan atap berpasir ini menjadi solusi yang baik.

Apakah Anda Tertarik Menggunakannya?

Setelah Anda memahami lebih jauh tentang atap metal pasir ini, apakah Anda tertarik menggunakannya? Atap ini datang dengan banyak varian model, warna dan juga harga. Pilihan yang banyak ini pasti bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan bangunan.

Ketersediaan atap jenis ini juga makin umum sekarang ini. Anda bisa kunjungi banyak toko material offline dan online yang menyediakan produk atap ini. Karena mudah didapat, Anda tidak perlu lagi pusing mencarinya!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *