Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan hormon fsh dan LH ini, nah bagi Anda yang penasaran dengan apa itu pengertian dan fungsi hormon FSH dan LH. Maka berikut ini adalah penjelasan singkatnya. 

Hormon FSH atau kepanjangan dari ( follicle stimulating hormone ) dan hormon LH  ( luteinizing hormone ) adalah hormon yang berperan sangat penting untuk membantu sistem reproduksi baik pria maupun wanita. Kedua hormon tersebut berasal dari hipotalamus yang merupakan bagian terkecil dari otak manusia yang berhubungan langsung dengan kelenjar pituitari. Nah kelenjar pituitari ini adalah kelenjar yang memiliki banyak fungsi untuk mengendalikan tubuh kita. 

Fungsi hormon FSH dan LH pada wanita

  1. Memastikan siklus menstruasi atau datang bulan pada wanita dapat berjalan dengan lancar setiap bulannya. Jadi jika Anda memiliki masalah dengan jadwal menstruasi yang tidak teratur setiap bulannya, bisa jadi itu dikarenakan hormon FSH dan LH dalam tubuh Anda tidak bekerja dengan baik. 
  2. Selain itu fungsi yang kedua dari hormon FSH dan LH ini adalah untuk memacu pertumbuhan dan juga kematangan dari sel telur atau folikel. Jadi dapatkan dikatakan bahwa kedua hormon ini berperan sangat penting untuk siklus menstruasi pada wanita dari awal hingga akhir. 

Nah jika kadar kedua hormon ini terlalu rendah dalam tubuh seorang wanita, maka pastinya kedua hormon ini tidak akan bekerja secara maksimal. Selain itu karena kedua hormon ini sangat penting dalam siklus reproduksi wanita, jadi bisa dikatakan jika kadar kedua hormon ini rendah maka wanita tersebut kemungkinan mengalami infertilitas atau ketidaksuburan. 

– Fungsi hormon FSH dan LH pada pria

  1. Selain memiliki fungsi pada tubuh wanita hormon FSH dan LH ini juga memiliki fungsi yang penting pada tubuh seorang pria, yaitu kedua hormon ini berfungsi untuk memastikan pembentukan sperma berjalan dengan baik. 
  2. Fungsi yang kedua dari hormon LH pada pria adalah untuk merangsang sel leydig yang akan menghasilkan hormon testosteron. Nah hormon testosteron inilah yang akan menentukan kualitas sperma, karena jika hormon testosteron rendah maka sudah dipastikan kualitas sperma juga akan menurun. 

Jadi jika hormon FSH dan LH dalam tubuh seorang pria memiliki kadar yang rendah, maka bisa dipastikan pria tersebut akan mengalami gangguan dalam masalah reproduksi. Karena seperti yang kita ketahui bahwa jika hormon testosteron dalam tubuh seorang pria sangat rendah maka kemungkinan terbesar pria tersebut akan mengalami disfungsi ereksi. 

Karena fungsi hormon FSH dan LH ini sangatlah penting bagi reproduksi wanita dan pria. Nah untuk mengetahui apakah kadar hormon FSH dan LH dalam tubuh Anda sudah baik, maka Anda bisa memeriksakannya ke rumah sakit yang melayani pemeriksaan hormon FSH dan LH ini. 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *