Biaya cek kesuburan wanita sering dipertanyakan oleh banyak orang, terutama pasangan suami istri yang sudah menunggu hadirnya buah hati dalam kehidupan pernikahan mereka. Dengan melakukan pemeriksaan kesuburan, Anda bisa mengetahui apakah ada masalah infertilitas yang Anda alami atau tidak. Pemeriksaan seperti ini biasanya juga dibutuhkan sebelum melakukan program kehamilan.

Biaya Cek Kesuburan Wanita yang Harus Dikeluarkan

Sama seperti biaya pemeriksaan kesuburan untuk pria, biaya pemeriksaan kesuburan wanita juga beragam. Hal ini bergantung pada rumah sakit atau klinik tempat Anda melakukan pemeriksaan tersebut. Setiap rumah sakit, klinik, atau laboratorium tentu memiliki harga sendiri-sendiri. Selain itu, biaya pemeriksaan kesuburan juga bisa berbeda berdasarkan jenis pemeriksaan yang dipilih. Jika Anda memilih untuk hanya memeriksa kadar hormon tertentu yang mempengaruhi kesuburan Anda, biayanya biasanya lebih terjangkau. Biaya ini berkisar dari Rp. 300.000 hingga Rp. 650.000.

Namun, jika Anda memilih pemeriksaan secara menyeluruh, seperti paket hormon kesuburan dan tumor marker, biayanya tentu saja lebih mahal. Biayanya berkisar dari Rp. 1.500.000 hingga Rp. 4.100.000. Yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa biaya-biaya tersebut belum termasuk biaya konsultasi dokter, biaya obat-obatan, atau biaya-biaya lainnya.

Penyebab Infertilitas Pada Wanita

Penyebab masalah kesuburan atau infertilitas pada wanita bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun, kebanyakan penyebabnya berbeda dari penyebab infertilitas pada pria. Berikut adalah beberapa penyebab infertilitas pada wanita.

  1. Gangguan lendir serviks. Jika terdapat masalah pada lendir serviks, hal ini bisa mempersulit bertemunya sel sperma dan sel telur. Sehingga, pembuahan juga sulit terjadi.
  2. Gangguan ovulasi. Wanita yang mengalami gangguan ovulasi akan sulit atau membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melepaskan sel telur.
  3. Ini adalah kondisi dimana endometrium atau jaringan dari lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim.

Itu tadi adalah penyebab-penyebab infertilitas pada wanita. Jika Anda ingin mengetahui apakah Anda mengalami infertilitas atau tidak, disarankan untuk berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mengetahui penyebabnya sekaligus mengetahui biaya cek kesuburan wanita.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *